O Chart : Sakamichi Best Songs 2018 Part 1 Nogizaka46 Keyakizaka46

  Dyah Pitaloka      
Kali ini, Sakamichi Best Songs 2018 akan membawa lagu-lagu terbaik dari semua rilisan Sakamichi di tahun ini. Mulai dari Nogi, Keyaki (Kanji dan Hiragana), SakamichiAKB, dan Yoshimoto. Yep, karena Yoshimoto juga adalah bagian dari Sakamichi, wajar saja kalau mereka masuk di kategori Sakamichi Best Songs 2018.

Jadi, akan ada dua bagian untuk Sakamichi Best Songs 2018 karena untuk menulisnya dalam satu artikel akan menjadi terlalu panjang. Dari total 30 lagu, hanya akan ada 15 per artikel. Jadi, langsung saja, ini dia Sakamichi Best Songs Part 1.


30. Igokochi Waruku Otona ni Natta
As I said before, you can’t help but love her voice. Dan lagu ini meski ada sebagai pembuka Sakamichi Best Song 2018, bukan berarti jelek. Ada puluhan lagu lain yang lebih jelek. Keunikan lagu ini adalah tidak adanya intro, melainkan langsung lompat ke lagu. Unik sih. Dan seperti yang kubilang, vokal Ramen termasuk yang paling kuat, kalau tidak bisa dibilang paling distinguishable di Keyaki.

29. Senko Hanabi ga Kieru Made
Trio Miku, Konoka, dan Suzuka mendapat lagu ini di album Hashiridasu Shunkan. Yang patut digarisbawahi dari lagu ini adalah nuansa akustik dan retronya yang terasa. Dan vokalnya, berbeda dari mayoritas lagu Hiragana yang lain.

28. Jibun no Koto
Sakamichi Review : Boku Dake no Kimi – Under Super Best



Mungkin sudah banyak yang lupa dengan lagu ini, apalagi Under Super Best hanya muncul sebagai album yang dilupakan. Well, lagu ini adalah lagu terakhir Himetan sebagai member Nogi, dan meski ini bukan lagu terbainya selama di Nogi, sebagai persembahan terakhir, Jibun no Koto terbilang bagus.

27. Otoko Tomodachi Dakara
Vokal Katoshi yang nasal di awal tidak terdengar oke memang. Tapi setelah beberapa kali mendengarkan, aku mendapat pencerahan. Lagu semacam ini termasuk umum didengarkan, katakanlah di drama atau lebih umum di album idol. Satu-satunya kekurangan mungkin Katoshi masih belum terlalu bisa membawakan nada tinggi untuk lagu ini.

26. Ima ni Miteiro
Sakamichi Review : Ima ni Miteiro



Lagu Hiragana dari Garasu ini punya nuansa yang sedikit lebih berantakan dari biasanya karena vokal kuat dari member Hiragana Gen 1 saling bersahutan. Aku sendiri heran bagaimana lagu ini bisa masuk disini, tapi memang, beberapa kali mendengarkan, Ima ni Miteiro akan masuk dengan sendirinya.

25. Kotodamaho
Dibawakan MomoYoda dan KuboShita, sebenarnya dari segi vokal, lagu ini termasuk yang paling jelek dari keseluruhan lagu tahun ini. Tapi semua kekesalan dari segi vokal berhasil ditutupi dengan baik dengan aransemen yang oke. Fifty-fifty di akhir, tapi toh lagu ini upbeat, jadi masih sedikit membantu.

24. Caravan wa Nemurenai
Lagu yang tergolong baru, dan aku sudah cukup bosan mendengarkannya. Padahal lagu ini termasuk yang paling oke dari Kaerimichi. Tapi dan tapi, coupling seringkali jadi lagu yang paling sering kudengarkan meskipun pada dasarnya kurang oke. Yah, tipikal lagu coupling seperti Boku dake no Hikari.

23. Unubore Beach
Lagu lain dari Under Super Best. Alasan kenapa lagu ini masuk adalah karena aku lebih familiar, karena lagu ini muncul saat event Nogifes beberapa bulan lalu. Dan memainkannya di game, jelas membuat impresi akan lagunya jadi lebih baik, atau lebih buruk. Untungnya untuk Unubore Beach, datang yang pertama.

22. Mijukuna Ikari
Lagu kedua Hiragana Gen 2 setelah Hanbun no Kioku. Petikan gitar yang oke di lagu ini menjadi daya tarik utamanya. Dan setelah beberapa bulan mendengarkan lagu ini, perasaan kalau Mijukuna Ikari mirip dengan Kakumei no Uma dari album pertama Nogi masih belum bisa hilang.

21. Sora Tobira
Sakamichi Review : Sora Tobira



Meski aku jujur lebih suka dengan MV-nya, tapi dari segi lagu ternyata Sora Tobira oke juga setelah sering mendengarkannya. Tapi memang, kesan kalau vokal di lagu ini benar-benar asing masih belum bisa lepas dari telingaku. Well, apa ini tanda-tanda?

20. Against
Lagu yang bisa dibilang paling keren dari Nogi, dari segi musiknya yang menojolkan EDM yang jadi ciri khas beberapa lagu Nogi yang upbeat. Against juga adalah lagu terakhir Ikoma. Well, mungkin kelemahan dari lagu ini adalah penggunaan eengrishuu yang jelas levelnya kalah dari Keyaki.

19. I’m Out
Setelah mendengarkan beberapa kali, rasanya coupling dari Ambivalent ini termasuk yang underrated. Bahkan aku sendiri tidak memberi nilai yang tinggi waktu pertama mendengarkan. Tapi beberapa kali mendengarkan maraton, cukup oke juga ternyata.

18. Kokkyou no Nai Jidai
Sakamichi Review : Kokkyou no Nai Jidai – SakamichiAKB 2018



Lagu SakamichiAKB untuk tahun 2018 ini punya nuansa yang mirip-mirip dengan Hanbun no Kioku. Meski lagu ini bukan termasuk lagu yang membuat merinding, tapi secara keseluruhan, Kokkyou no Nai Jidai adalah lagu yang oke. Well, ini lebih ke pasrah sih, apalagi tahun depan toh pasti ada lagi.

17. Yakusoku no Tamago
Lagu kebangsaan kedua, atau ketiga, keempat, dari Hiragana. Yang pasti ini adalah lagu dengan seluruh member Hiragana berpartisipasi. Dan untukku, ini lebih enak didengarkan daripada W-Keyakizaka no Uta misalnya. Yakusoku no Tamago termasuk salah satu lagu yang paling easy listening untuk masuk list Sakamichi Best Song 2018.

16. Scoutman
Bagaimana kalau membawa EDM setingkat lebih tinggi dari lagu Nogi umumnya? Jawabannya adalah Scoutman. Gen 2 membawakan sisi quirky di MV, dan juga memberi nuansa yang lebih cool. Yang pasti, Scoutman tidak akan aneh diputar saat night outing.

Jadi, itu dia Sakamichi Best Songs 2018 Part 1. 15 lagu disini terpilih setelah penilaian ulang selama beberapa minggu. Dari peringkat 30-16, lagu mana yang paling kalian suka? Atau punya rank sendiri untuk Sakamichi Best Songs 2018?

All images and videos used is credited to it’s respective owners
logoblog

Thanks for reading O Chart : Sakamichi Best Songs 2018 Part 1 Nogizaka46 Keyakizaka46

Previous
« Prev Post